Sakur Kurnia alias Jedi

 

Innalillahi wainnaillaihi rojiun. Kemarin tgl 25 Januari 2018 salah satu sahabat saya dipanggil Sang Pemilik Kehidupan. Namanya Sakur Kurnia alias Jedi, meninggal dunia karena sakit tifus dan radang paru paru. Meninggal di usia 33tahun dan status masih lajang.

Lima tahun yang lalu saya pernah satu kantor sama Jedi di daerah Jakarta Barat. Sosoknya selalu ceria dan suka selfie. Ketika dia sudah pergi banyak teman teman yang menulis di linimasa Jedi. Contohnya seperti di atas. Banyak orang yang menangisi kepergiannya.

 

Seminggu sebelum Jedi meninggal dia tulis status seperti ini di media sosial miliknya¬†“Kita tidak dapat memilih akan dilahirkan seperti apa dan bagaimana. Akan tetapi kita dapat memilih akan meninggal seperti apa. Jadi jangan berkecil hati dan jangan sombong.”

 

Mungkin statusnya itu sebuah firasat,entahlah. Kalau ada yang bertanya kenapa dirinya dipanggil Jedi saya juga lupa alasannya. Yang jelas dia lebih terkenal dengan panggilan Jedi dibanding Sakur. Dulu bertiga bareng Jedi dan Eli sering banget makan mie ayam enak di dekat Citraland. Biasanya sepulang kerja. Jedi dan Eli bisa dibilang manusia manusia absurd di kehidupan saya. Tapi selalu bisa bikin saya ketawa ngakak. Contohnya naik angkot pake kacamata hitam. Mereka berdua yang melakukan,saya tidak berani. Trus di dalam angkot ada perempuan yang menatap sinis ke Jedi dan Eli. Pasti pikirnya nih manusia norak banget sih,pake kacamata hitam di dalam angkot. Kalo di pinggir pantai sih masih wajar.

 

Sedetik kemudian si Jedi langsung nyolot karena diperhatikan dengan pandangan menjijikkan dari ujung kaki ke ujung kepala. Terjadilah percakapan seperti ini:

Jedi:”Eh,elo dari tadi ngeliatin gw kayak gitu kenapalo??Baru pertamakali ya liat orang pake kacamata??”

Si cewek di angkot itu ga kalah nyolot langsung jawab:”Eh,inikan mata gw,terserah gw dong mau liat kemana kek.”

Eli:”Mba,kalo ngeliatin orang biasa aja dong jangan kayak gitu.

“Eh,elo jangan ikut campur mentang mentang temennya.”

Jedi:”Kalo ngeliatin biasa aja dong. Pengen gw colok ya matalo?!”

Akhirnya si cewek itu segera turun dari angkot. Dan setelah itu ketika bertiga ketawa ngakak sampe diliatin sopir angkot. Pokoknya si Jedi ini kalo udah marah mirip emak emak banget dah. Dulu si Eli pernah pacaran sama cowok inisial A. Ternyata si A ini selingkuh. Dan pada akhirnya si Jedi yang ngelabrak si A. Pokoknya dia paling ga suka teman temannya disakitin. Setia kawan nomor wahid makhluk yang satu ini.

 

Ada beberapa teman saya yang berkomentar kalo Jedi perilakunya “belok”. Dan saya tidak pernah peduli, karena selama saya berteman dengannya dia tidak pernah merugikan saya. Mungkin sisi lain yang itu saya tidak mendukung. Tapi percayalah saya sangat nyaman berteman dengannya. Makhluk seperti ini enak¬† banget dah kalo dijadikan teman curhat,mungkin karena perasaan mereka lebih halus dibanding cewek. Saya selalu mendoakan yang terbaik untuk Jedi. Dan ketika saya menulis ini terselip Al Fatihah untuknya.

Iklan