Kejutan

Piala Dunia Qatar tahun ini membawa kejutan di grup C. Tim Arab Saudi yang tidak diunggulkan malah menang 2-1 melawan Argentina. Pada saat Lionel Messi membuat gol dimenit 10,saya hampir yakin Argentina menang. Tapi Salim Alsehri mampu menyamakan kedudukan. Dan beberapa menit kemudian gol jarak jauh salah satu pemain Arab Saudi,mampu membungkam penonton yang mendukung Argentina.

Gol kedua dicetak oleh Aldawsari,dan membuat pendukung Arab Saudi bersorak sorak kegirangan. Saking senangnya,Raja Salman mengumumkan hari libur nasional bagi seluruh rakyat Arab Saudi. Saya membayangkan,jika suatu saat nanti timnas Indonesia masuk Piala Dunia. Maka presiden kita akan mengumumkan hari libur nasional khusus sepakbola,oh senangnya. Bahkan komentator di SCTV bilang ini adalah “sensasional”.

Ada apa dengan Piala Dunia kali ini?bahkan tim sehebat Jerman kalah 2-1 dari Jepang. Gol Gundogan dibalas oleh Doan dan Asano. Begitu peluit terakhir dibunyikan,seluruhpemain cadangan Jepang lari ke lapangan merayakan kemenangan. Seolah olah mereka berhasil memenangkan Piala Dunia. Sebagai sesama bangsa Asia,saya bangga Arab Saudi dan Jepang membuat kejutan. Siapa lagi yang akan membuat kejutan?kita tunggu saja.

Hokben

Sore itu bapaknya Jasmine baru saja sembuh dari sakitnya,tiba tiba saja pengen makan Hokben. Segera ambil hp buat Gofood Hokben. Sukiyaki,kaniroll plus nasi,paket hemat satu plus es kopi totalnya 183.000

Setengah jam ditunggu,akhirnya abang Gofood dateng juga. Setelah mengucapkan terimakasih langsung unboxing menu Hokben hari itu. Sukiyaki terasa nikmat banget dinikmati saat sore hari dikala Jakarta cuaca mendung. Tapi sayang,saya lupa foto Sukiyaki. Kuah sukiyaki berwarna coklat tua diseruput,lalu daging plus tahu sukiyaki saya makan pelan pelan sambil nonton teve berita tentang Teddy Minahasa. Setelah itu mie siratake plus sawi sukiyaki saya campur dengan nasi lalu masuk ke dalam mulut dengan lahap.

Jasmine lebih suka menikmati kaniroll plus nasi. Jasmine bilang es kopi Hokben ga enak,terlalu pahit. Tapi saya bilang enak,masih tersisa rasa manis di ujung lidah. Ah,ini soal selera saja.

Marugame Udon

Ceritanya Jasmine lagi makan di restoran Marugame Udon di mall Margocity Depok. Selain di Margocity,ada juga di Pejaten Village,Trans Studio Cibubur,Mall Kota Kasablanca dan lain lain. Menunya antara lain chicken katsu,beef curry udon,abura udon dan lain lain.

Owner Marugame Udon adalah Bapak Alwin Arifin. Beliau membeli franchise Marugame Udon dari Jepang melalui PT. Sriboga Restu Raya. Berapa kira kira harga franchisenya?mungkin sekitar 10M.

Restoran ini lumayan rame pada saat weekend,tapi tenang saja pelayanannya tetap cepat kok. Menu udon lumayan viral di Tiktok. Nah,pada saat kita pesan bisa sambil bikin video karena bisa lihat langsung proses pembuatannya. Oke guys,segini saja infonya,selamat makan.

Tebet Eco Park

Tebet Eco Park awalnya merupakan dua kawasan taman yang awalnya terpisah,Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Dan kini disatukan dengan jembatan yang diberi nama Infinity Link Bridge. Kita sebut saja jembatan Orange. Jembatan Orange ini lumayan instagrammable. Cocok buat foto foto. Diresmikan bulan April 2022 oleh Gubernur Anies Baswedan.

Buat kalian yang pengen kesini harus memiliki aplikasi Peduli Lindungi. Disarankan bawa makan dan minum dari rumah karena didalam area saat itu belum ada yang berjualan. Dan pada saat hari Sabtu Minggu biasanya rame banget. Jadi harus ngantri naik Infinity Link Bridge. Lebih baik kalian datang kesini pada saat weekday.

Untuk akses kesana bisa naik Transjakarta,angkot Jacklingko atau KRL. Kalo saya pada saat berangkat naik mobil Gocar. Trus pulangnya naik angkot Jacklingko ke stasiun Kalibata. Nah dari stasiun Kalibata baru deh naik KRL ke arah Pasar Minggu.

Tebet Eco Park terkenal gara gara viral di Tiktok. Banyak seleb seleb tiktok yang ngeriview tempat ini. Dulu tempat ini namanya Taman Honda kalo sekarang berubah jadi Tebet Eco Park. Jadi buat kalian yang pengen healing sejenak,bolehlah mampir bersama kawan kawan ke tempat ini.

Mahasiswa

Hari hari esok adalah milik kita…Terciptanya masyarakat sejahtera……..Terciptanya tatanan masyarakat…….

Lirik lagu tersebut muncul beberapa hari ini di timeline media sosial milik saya. Mahasiswa demo sambil menyanyikan lagu tersebut. Demo karena menolak Jokowi tiga periode,menolak penundaan pemilu 2024. Bahkan Ketua BEM UI(Bayu Satria Utomo) mengancam akan mengadakan aksi lebih besar tanggal 11 April 2022.

Tentu saja peristiwa ini mengingatkan saya pada peristiwa Trisakti 1998. Saat itu peristiwanya tanggal 12 Mei 1998. Empat mahasiswa Trisakti tewas didalam kampus,terkena peluru tajam ditempat tempat vital seperti kepala,tenggorokan dan dada. Empat mahasiswa itu adalah Elang Mulia Lesmana,Heri Hertanto,Hafidin Royan,Hendriana Sie. Mereka berempat layak disebut Pahlawan Reformasi.

Saat itu mahasiswa menuntut Presiden Soeharto turun dari jabatannya. Para mahasiswa saat itu berhasil menguasai gedung MPR/DPR. Tokoh reformasi saat itu adalah Amin Rais. Beberapa hari sebelum kejadian,Amin Rais sudah mengingatkan,mahasiswa jangan turun ke jalan karena akan bentrok dengan aparat. Saat itu kondisi di Jakarta sangat mencekam,aparat bertebaran di setiap sudut beserta tank tank lapis baja. Penjarahan dan pembunuhan terhadap etnis tertentu. Teman saya yang bermata sipit sampai harus menginap di rumah Pak RT.

Sejarah bangsa ini mencatat,peralihan dari Soekarno ke Soeharto ada enam jendral yang tewas. Peralihan dari Soeharto ke Habibie,ada empat mahasiswa yang tewas. Peralihan dari Habibie ke Gusdur,Timtim lepas dari Indonesia. Peralihan dari Gusdur ke Megawati,hampir saja ada peristiwa berdarah tapi tidak terjadi. Karena saat itu ribuan pendukung Gusdur sudah berkumpul di depan istana membawa senjata tajam siap berperang dengan orang orang anti Gusdur. Tapi kata Gusdur,”kekuasaan yang dipertahankan dengan pertumpahan darah tidak ada artinya buat saya.” Lalu Gusdur dengan legowo turun dari kursi kekuasaan.

Peralihan dari Megawati ke SBY menciptakan perang dingin sampai sekarang. Perang dingin antara Megawati dan SBY yang tidak saling bertegur sapa. Peralihan dari SBY ke Jokowi,rakyat berharap banyak pada beliau. Tapi apa yang terjadi saat ini?harga minyak goreng mahal,BBM naik dan ada wacana melawan undang undang dengan tiga periode.

Rusia dan Ukraina

Sudah delapan hari sejak serangan pertama pada tanggal 24 Februari 2022. Namun kota Kiev,belum berhasil dikuasai oleh pasukan Rusia. Mungkin prinsip Putin,pelan pelan saja supaya tidak banyak warga sipil yang menjadi korban. Sekarang seluruh mata dunia tertuju pada sosok laki laki bernama Vladimir Putin. Laki laki yang lahir pada tanggal 7 Oktober 1952 di kota Saint Petersbugh(Rusia).

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu,kenapa Rusia melakukan invasi ke Ukraina. Rusia melarang Ukraina untuk bergabung ke NATO. Tapi Ukraina ngeyel dan terjadilah invasi tersebut. Karena jika NATO menerima Ukraina bisa saja negara tersebut jadi pangkalan militer Amerika Serikat. Kita semua sudah tahu,sejak perang dunia satu,Rusia dan Amerika Serikat terlibat perang dingin.

Volodymir Zelensky yang menjadi presiden Ukraina saat ini,tetap bertahan di negara tersebut. Padahal Amerika Serikat sudah menawarkan diri,akan evakuasi Zelensky dan keluarga ke tempat yang aman. Namun Zelensky yang lahir pada tanggal 25 Januari 1978,menolak tawaran dari Joe Biden. Dia bilang,”saya butuh amunisi,bukan evakuasi.”

Saat ini tentara Rusia dibantu oleh tentara Chechnya ketika melakukan invasi. Bicara Chechnya,tentu saja kita bicara presiden Ramzan Kadyrov. Pasukan Kadyrov banyak yang menjadi penghafal Al Qur’an. Salut buat mereka,lebih salut lagi kalo invasi dihentikan,hehehe.

Ada yang bilang,ini perang dunia ketiga. Salah satu tanda akhir zaman. Dan nanti kemungkinan,perang terakhir adalah perang dunia keempat. Perang antara Imam Mahdi dan Dajal. Perang yang menggunakan panah,pedang dan senjata tajam lainnya. Karena saat itu teknologi tidak bisa dipakai lagi.Benarkah?entahlah. Sekian saja dan saya ingin mengucapkan”uraaaa”.

Afif dan Farzan

Ceritanya foto di taman deket mall Graha. Trus di patungnya ada tulisan “lebih baik pulang nama daripada gagal dalam tugas.” Begitulah patung Kopassus,mencerminkan jiwa mereka yang pemberani. Dari taman itu,kalo mau ke markas Kopassus deket banget. Tinggal sepelemparan batu.

Sebagai warga Cijantung,taman yang inilah paling dekat rumah. Di dekat situ ada hutan kecil,namanya hutan Kalimantan. Zaman dulu sering dipake buat syuting film action dan semacamnya. Kalo sekarang kayaknya buat tempat latihan para tentara.

Kalo hari Sabtu atau Minggu pagi di taman dan didekat hutan Kalimantan,manusia udah kayak cendol. Banyak yang olahraga pagi. Dan penjual makanan bejubel saking banyaknya. Ada yang jual bubur ayam,sosis,es cendol,roti bakar dan lain lain. Jangan tanya kenapa ramai?Kan masih ada varian Omicron. Saya tidak bisa menjelaskan,hehehe. Oke guys,segini dulu tulisannya.

Sagitarius

Tanggal berapa sekarang?3 Desember 2021.Yang lahir di bulan Desember sebagian besar berzodiak Sagitarius. Zodiak sagitarius biasanya orang yang lahir antara tanggal 22 November-21 Desember. Sagitarius memiliki lambang pemanah dan berelemen api. Sagitarius punya kemampuan membuat hal paling membosankan menjadi hal yang paling menyenangkan.

Sisi kepribadian yang hangat membuat orang lain merasa nyaman saat di dekatnya. Sagitarius kadang keras kepala. Keras kepala sekaligus dermawan. Artis yang berzodiak Sagitarius antara lain Dude Herlino,Natasha Wilona,Giorgino Abraham,Sheryl Sheinafia dan yang terakhir dan sedang hits almarhum Vanessa Angel. Kenapa ada artis yang namanya Dude?karena dia lahir tanggal 2 Desember. Jadi Dude singkatan dari Dua Desember.

Salah satu keponakan saya berzodiak Sagitarius,inisialnya M. Umur 13 tahun M menjadi anak yatim karena ayahnya meninggal sakit jantung. Enam tahun kemudian ketika ibunya menikah lagi dia tidak setuju. Pada akhirnya kakak saya yang janda itu tetap menikah. Lalu apa yang terjadi dengan M?dia kabur dari rumah. Dengan berbekal ijazah SMA dia bisa survive hidup di atas kakinya sendiri. Ibunya sempat mencarinya,tapi dia bilang ga mau pulang. Dia bilang doakan saja supaya anakmu jadi orang sukses. Saya tidak terlalu khawatir dengan M. Dibalik sifatnya yang keras kepala dia sangat kuat. Mentalnya berani dan pandai membawa diri. Yang terpenting dia tidak pernah meninggalkan sholat lima waktu.

September

Ada apa di bulan September 2021? Saiful Jamil sudah keluar dari penjara. Dan disambut bak pahlawan. Banyak yang protes karena dianggap melukai hati keluarga korban. Kasus pencabulan yang menempel di Bang Ipul seolah dimaafkan masyarakat karena rating acara Bang Ipul cukup lumayan di salah satu stasiun teve. Begitulah televisi Indonesia, tidak peduli yang ditampilkan malaikat atau iblis yang penting rating tinggi.

Lalu soal kebakaran di Lapas Tangerang? Miris karena yang meninggal 41orang. Mayatnya terbakar seperti ayam panggang. Kejadiannya di blok C sekitar pukul dua pagi. Diduga karena korsleting arus listrik. Mungkin kalau di luar negeri Menkumham sudah dipecat atau mengundurkan diri dengan sukarela. Tapi di Indonesia? Oh, tentu tidak. Over kapasitas sudah menjadi hal biasa di Lapas Indonesia. Lapas Tangerang seharusnya satu kamar diisi dua orang tapi kenyataan yang terjadi diisi delapan belas orang. Alfatihah untuk para korban. Saya tidak peduli yang meninggal penjahat atau bukan. Tugas manusia adalah memanusiakan manusia.

Lalu apa yang terjadi di Afganistan? Taliban sudah membentuk kabinet, terdiri dari 33orang. Dan semuanya laki-laki. Perdana Menteri dijabat oleh Mohammad Hasan Akhund dan wakil Perdana Menteri oleh Abdul Ghani Baradar. Seperti kata Agustinus Wibowo, harga sebuah nyawa di Afganistan sangat murah. Saking banyaknya bom disana membunuh warga sipil. Mungkin seminggu bisa terjadi dua kali serangan bom. Semoga saja Taliban yang sekarang lebih humanis. Menghargai nyawa manusia, menghargai kaum perempuan.

Gres dan Apri

Siang itu saya nonton Indosiar sambil deg degan. Ada final bulutangkis ganda putri Olimpiade Tokyo 2020. Indonesia melawan China. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu melawan Chen Qingchen dan Jia Yifan.Saya percaya Apri yang lahir tanggal 29 April 1998 akan tampil all out demi emas pertamanya. Dan saya juga percaya Greysia Polii yang lahir tanggal 11 Agustus 1987 akan membimbing Apri di lapangan dengan baik. Set pertama berlangsung seru dengan angka 21-19 untuk Indonesia. Set kedua lebih seru lagi dengan angka 21-15. Ketika kok yang dikembalikan Chen Qingchen bergulir ke sebelah kiri Apriyani Rahayu, lalu dia berteriak karena yakin sebentar lagi akan mendapatkan medali emas. Tapi pemain China meminta challenge,itu berarti kemenangan tertunda untuk beberapa menit. Sambil tiduran di lapangan Apri melihat ke layar besar,dan ternyata benar. Pengembalian kok pasangan China dinyatakan keluar.

Tangis itu meledak di salah satu lapangan di kota Tokyo. Tangis Apri,tangis Gres,dan juga tangis Eng Hian sang pelatih. Tangis kebahagiaan di tengah berita dukacita yang amat banyak di Indonesia karena Covid 19. Eng Hian pertama kali memeluk Apri lalu memeluk Gres. Mungkin ada tujuh orang pendukung tim Indonesia saat itu,dua diantaranya membawa bendera Merah Putih. Andai itu di Senayan pasti sudah banyak teriakan teriakan “Indonesia…… Indonesia……. Indonesia……”

Terimakasih Tuhan, terimakasih Apri, terimakasih Gres dan terimakasih Eng Hian sudah memberikan medali emas untuk 270juta rakyat Indonesia.Bonus 5M sudah menanti,dapet franchise gratis bakso Aci,bisa pesan gofood gratis, dapat apartemen, dapat rumah dari Gubernur Sulawesi Utara untuk Gres. Dan Apri juga dapat rumah dari pejabat di Sulawesi Tenggara.

Pertamakali mereka bertemu,Gres tidak bilang”mau ga jadi partner aku?” Pertanyaannya adalah “mau ga jadi juara?” Dan Apri langsung bilang mau. Gres langsung bilang”berarti kamu harus siap dihajar,ditempa menjadi seorang juara. Siap nangis di lapangan, cedera, dan mengorbankan semua yang kamu punya demi menjadi juara.” Sekarang semuanya terbayar lunas dengan mendapatkan emas Olimpiade Tokyo. Benar apa kata Sir Alex Ferguson,”untuk membentuk juara bangun dulu mentalnya menjadi mental juara. Setelah itu baru memikirkan teknik,taktik,gaya bermain dan strategi memenangkan pertandingan.