Hujan Jakarta

Minggu sore ini Jakarta diguyur hujan. Hujan dengan intensitas sedang. Sekarang pukul tiga sore lewat lima belas menit. Sebentar lagi adzan sholat Ashar berkumandang. Siap siap menghadap Sang Ilahi,mengadukan segala permasalahan hidup. Hidup yang kian hari kok rasanya semakin berat,tapi tetap harus dijalani dengan rasa syukur.

Sebenarnya nanti jam empat sore Farzan diundang ke rumah Arsyilla,tapi hujan masih terus turun dari langit. Jakarta basah,hati ini basah. Entahlah,datang atau tidak itu urusan nanti. Farzan belum terbangun dari tidur siangnya. Masih meringkuk di kasur dengan bantal guling Doraemon.

Dua hari lagi tepatnya tanggal 13 April 2021 umat muslim di Indonesia akan memasuki bulan Ramadhan. Selamat berpuasa saudara saudaraku sesama muslim. Tetaplah bersemangat menjalankan ibadah di bulan mulia.

Ramadhan kali ini ramadhan kedua tanpa Ibu. Ibu yang cerewet tapi aku merindukannya. Beberapa hari yang lalu aku bersama kakak sudah nyekar ke makamnya. Tabur bunga dan kirim Alfatihah. Hatiku basah mengingat kenangan tentangnya. Basah seperti tanah Jakarta saat ini. Sudah yaa aku mau sholat dulu.

SJ 182,Longsor,Gempa,lalu apalagi?

Beberapa bulan sebelum pergantian tahun,saya sudah diingatkan oleh Habib Muhammad bahwa akan terjadi musibah. Tapi saya tidak menyangka musibahnya akan sebanyak ini. Di suatu sore ketika hujan lebat turun, pesawat itu sempat delay di bandara Soekarno Hatta. Lalu setengah jam kemudian take off namun tidak pernah sampai tujuan. SJ 182 menemui takdirnya,membawa 50 penumpang dan 12 crew. Enam crew aktif dan enam lagi crew dari Nam Air.

Tanggal 9 Januari 2021 jadi saksi bisu ketika SJ 182 menukik tajam ke laut di Kepulauan Seribu. Diduga rusak pada sistem kendali,namun pada saat kejadian mesin pesawat masih hidup. Mungkin analoginya saya punya televisi,bisa dinyalakan tapi tidak ada gambar atau suara. SJ 182 hancur berkeping keping,seperti kepingan puzzle ketika tim DVI Polri mengidentifikasi para korban SJ 182. Bahkan salah satu potongan kaki korban hanyut sampai ke pantai Muara Gembong (Bekasi).

Lalu musibah tanah longsor di Dusun Bojong Kondang,Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung,Sumedang,Jawa Barat. Tanah longsor di Sumedang memakan korban 40 orang. Sumedang yang terkenal dengan tahunya,kini masih berduka dengan kematian para korban.Dua korban terakhir ditemukan tim SAR gabungan di lokasi longsor pertama di Perumahan Pondok Daud pada hari Senin tanggal 18 Januari 2021. Gubernur Jawa Barat,Ridwan Kamil sudah meninjau langsung ke lokasi tanah longsor Sumedang. Kepala Basarnas Bandung,Deden Ridwansyah mengatakan,dengan telah ditemukannya semua korban hilang dalam bencana tanah longsor Sumedang maka operasi SAR ditutup.

Lalu gempa bumi dengan magnitudo 6,2 di Mamuju(Sulawesi Barat). Memakan korban sebanyak 84 orang. Kebetulan Presiden Jokowi sudah meninjau langsung ke sana,dan mengatakan akan ada pengganti bagi rumah rusak parah dengan nominal 50juta. Beliau meninjau langsung ingin memastikan proses evakuasi berjalan dengan baik dan distribusi bantuan lancar. Walaupun sempat ada berita penjarahan,semoga itu tidak benar. Dan kini patroli polisi diaktifkan supaya tidak ada penjarahan Bansos. Semoga semuanya kebagian dengan rata,tidak ada yang kelaparan. Keep strong saudara saudaraku.

Menuju Akhir Tahun

Beberapa hari lagi,saya akan ganti kalender. Tertera angka 2021 di kalender baru. Tahun 2020 adalah tahun yang luar biasa,dunia dihajar habis habisan oleh virus kecil namun mematikan bernama Covid 19. Ekonomi porak poranda,kematian tiba tiba dan drama lainnya yang mengiringi mewabahnya virus Corona. Tapi hidup harus terus berjalan,apapun yang terjadi. Tuhan pasti kasih jalan keluar dari setiap masalah.

Januari 2020

Ibu saya meninggal,diabetes bertahun tahun membuatnya menyerah. Tepatnya tanggal 25 Januari 2020(pas Imlek). Saya yakin,di sana Ibu sudah bahagia bersanding dengan almarhum bapak. Alfatihah selalu untuk beliau.

Februari 2020

Artis BCL berduka karena suaminya(Ashraf Sinclair) tiba tiba meninggal. Seharusnya ini tidak saya tulis,karena saya tidak kenal dekat dengan mereka. Gapapa lah,anggap saja saya fansnya BCL. Malam itu BCL masih bisa tertawa ngakak ketika menjadi juri Indonesian Idol. Tapi paginya berderai air mata ketika sang suami pergi untuk selamanya. Hidup memang paradoks,lima menit yang lalu kita tertawa lalu sedetik kemudian bersedih karena sesuatu hal yang membuat kita menangis.

Maret 2020.

Jokowi mengumumkan dua orang di Depok(Jabar) positif Covid 19. Dan sekarang sudah berapa yang meninggal?18000 orang.

April 2020

Pernah saya muat di salah satu postingan, jumlah positif Corona saat itu 1677orang. Saat itu ada rencana lockdown tapi tidak jadi, akhirnya PSBB.

Mei 2020

Hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 23 Mei 2020. Lebaran yang sepi,tidak boleh sholat Ied,tidak boleh mudik,tidak boleh bersalaman.

Juni 2020

Anak saya yang pertama ulang tahun pada tanggal 24 Juni 2020. Usianya sudah 12 tahun. Tingginya badannya cuma beda satu senti dengan saya. Sungguh,hidup terasa cepat berlalu. Rasanya baru kemarin saya mengantarnya ke sekolah TK.

Untuk bulan Juli-November 2020 saya skip saja karena tidak ada yang istimewa. Di bulan Desember 2020 ada Pilkada di Indonesia. Tepatnya tanggal 9 Desember 2020. Di Tangsel saya menjagokan Saras-Muhammad tapi ternyata yang menang Benyamin Davni-Pilar. Di Solo tentu saja yang menang Gibran Rakabuming Raka(putra Jokowi)dengan perolehan suara 87%,di Medan Bobby Nasution(menantu Jokowi)menang dengan perolehan suara 56%.

Apalagi yang terjadi di bulan Desember 2020? akhirnya Habib Rizieq Shihab menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya. Barusan saya lihat fotonya sedang diborgol di Kompas.com

Tiga Anak Penurut

Anak yang pertama,Adisti namanya. Berusia 12 tahun, kelas 6 SD. Anak yang kedua bernama Alvin, berusia 10 tahun. Kelas 4 SD. Anak yang ketiga bernama Tristan, berusia tujuh tahun. Kelas 1 SD. Mereka bersama ibunya mengontrak sebuah rumah kecil berukuran 7X5 meter.

Ayahnya sudah meninggal setahun yang lalu, karena kecelakaan lalu lintas. Adisti setiap pagi sibuk mencuci baju baju adik dan ibunya. Sibuk memasak dan membersihkan rumah. Ibunya bekerja di sebuah pabrik. Pergi pagi pulang malam. Kadang jika tidak lembur, ibunya pulang jam enam sore. Tapi lebih sering lembur.Tujuannya untuk menambah penghasilan.

Adisti berparas cantik, dengan rambut sebahu dan kulit putih. Kalau berjalan lebih sering menunduk daripada mendongakkan kepalanya. Padahal wajahnya cantik, harusnya dia lebih percaya diri. Aku jarang melihatnya, kecuali ketika dia menjemur baju depan rumah. Atau ketika ke warung membeli jajanan untuk adik adiknya.

Alvin memiliki paras seperti orang China, dengan rambut cepak dan sedikit poni. Hobinya bersepeda. Tak lupa, ketika dia bersepeda dibawa serta adiknya. Sepeda BMX warna hitam, tidak memiliki bangku belakang tapi memiliki jalu. Jadi ketika dibonceng, Tristan dalam kondisi berdiri. Tristan cenderung lebih gendut dibanding kakaknya. Dia sering berteriak ketika dibonceng kakaknya,”Abang jangan ngebut,aku takut.”

Potret keluarga sederhana di sekitarku. Bertahan hidup di tengah kerasnya Jakarta. Tiga anak yatim, yang jika ibunya mengatakan sesuatu mereka tidak pernah membantah. Seperti hari ini, hari Minggu, hujan turun di sore hari. Alvin ingin sekali mandi hujan bersama teman temannya. Sejak lima menit yang lalu, teman temannya sudah berteriak di depan rumah. “Alvin main yuk,Alvin main yuk.”Tapi tidak dibukakan pintu oleh Alvin. Di rumah ibunya sedang libur bekerja. Tidak boleh siapapun keluar rumah, kecuali disuruh ibu. Begitulah ultimatumnya. Andaikan semua anak di dunia ini penurut,bahagialah kami para orang tua.

Adik Ipar

Saya memiliki adik ipar, perempuan berusia tiga puluh tahun. Adiknya suami yang nomor dua. Sifatnya seperti angin, kadang baik kadang begitulah. Sepertinya dia selalu cemburu dengan keluarga saya. Dia selalu menganggap keluarga saya selalu diprioritaskan oleh ibu mertua.

Mungkin bisa dibilang cemburu atau iri hati. Menurut yang saya tahu cemburu atau iri hati adalah satu emosi yang timbul ketika seseorang yang tidak memiliki keunggulan menginginkan yang tidak dimilikinya. Suatu hari kami berkumpul di rumah ibu mertua. Adik ipar datang lebih awal. Satu jam kemudian keluarga saya baru datang. Semua menyambut gembira ketika Farzan yang lucu datang. Ibu mertua segera mencium dan menggendong Farzan.

Ekspresi wajah adik ipar langsung cemberut. Ekspresi wajahnya seperti kertas kecil yang dilipat jadi dua puluh. Pokoknya ekspresi wajahnya tidak enak dilihat. Ditambah lagi ibu mertua segera ke pasar untuk membeli ayam, daging, sayuran dan segala macam keperluan memasak. Katanya demi cucu cucunya yang akan menginap. Ibu mertua pergi ke pasar dibonceng motor salah satu ponakan. Dan ketika ibu mertua sedang di pasar, adik ipar pergi begitu saja tanpa pamit.

Mungkin dia merasa anak saya diperlakukan istimewa dan anaknya tidak. Padahal tidak seperti itu. Ibu mertua selalu berusaha adil ke semua cucunya. Ibu mertua kaget ketika pulang dari pasar si adik ipar sudah tidak ada di tempat. Lalu ibu mertua segera mengecek hp. Ternyata si adik ipar pasang status WA seperti ini:” selalu dia yang diistimewakan.”

Raut muka ibu mertua langsung bersedih. Saya gak tega melihatnya.

Tumpeng

IMG_20200816_190637

Hari ini Indonesiaku tercinta ulang tahun ke 75tahun.Usia yang tua untuk seorang manusia.Istilahnya sudah lansia.Tapi untuk sebuah negara masih banyak yang perlu diperbaiki.Apalagi ditengah wabah corona seperti saat ini.HUT RI kali ini pak rt mengadakan lomba tumpeng.Isinya antara lain nasi uduk,ayam,perkedel,bihun,tempe orek,telor balado dan lain lain.Meskipun tidak ada keramaian tetap terhibur dengan melihat berbagai macam tumpeng dirumah pak rt.

Di grup WA bu guru sudah menginfokan untuk menyaksikan upacara bendera dari televisi.Perayaan kali ini di Istana Negara terasa berbeda.Jumlah peserta paskibraka yang dilantik hanya delapan orang.Dan pada saat pelaksanaan hanya tiga orang yang bertugas.Dua laki laki dan satu perempuan.Yang kuingat namanya Sylvia Kartika Putri,Muhammad Asri,dan Muhammad Adzan.Berharap suatu saat salah satu anakku bisa jadi Paskibraka tingkat nasional,amin.Sekali lagi Dirgahayu Indonesiaku tercinta.Semoga bisa merdeka dari Corona.Bisa tambah maju dan memiliki SDM yang bagus,amin.

PPDB DKI

Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) DKI ada beberapa jalur. Antara lain jalur Afirmasi(KJP),jalur inklusi,jalur zonasi,jalur prestasi dan jalur tahap akhir. Keponakanku yang berinisial R berhasil masuk SMP negeri dari jalur Afirmasi. Sementara keponakanku yang berinisial A tidak berhasil masuk SMK negeri dari jalur prestasi. Semua nilainya antara 7 dan 8 kecuali IPA ketika kelas delapan dengan poin 69.

Ditambah lagi si A ini pengennya jurusan TKJ yang banyak peminatnya. Teknik Komputer Jaringan mungkin menginginkan passing grade yang tinggi untuk calon peserta didik. Sama seperti jurusan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) passing gradenya lumayan tinggi.

Kalau misalkan si A ikut jalur Afirmasi,susah juga. Usianya saat ini belum enam belas tahun. Si A tepat berusia enam belas tahun nanti pada saat bulan November. Sudahlah,akhirnya pilih SMK swasta jurusan TKJ dengan mengeluarkan uang sebesar tujuh juta rupiah.

Banyak orangtua murid yang demo mengenai PPDB tahun ini. Mungkin karena tidak ada nilai UN akhirnya ada jalur yang diprioritaskan untuk usia tua. Dia yang lebih tua akan diterima. Nah,karena demo demo itu dibuatlah jalur baru yaitu jalur Zonasi satu RW. Tapi percuma saja,didekat rumahnya si A tidak ada SMK negeri.

Selamat buat kalian yang mendapatkan,SMP,SMA atau SMK negeri. Kedepannya semoga ada perbaikan mengenai PPDB DKI dan wilayah lainnya. Sehingga tidak ada demo demo lagi. Dan besok pagi dimulainya tahun ajaran baru 2020-2021. Sudah ada pengumuman di WA grup akan ada live Instagram dengan para guru di sekolah.

Tetangga

Baiklah, saya akan cerita mengenai tetangga depan rumah. Astagfirullah, sebenarnya saya tidak ingin gibah, tapi tangan ini gatal banget pengen nulis. Tetangga depan rumah saya itu suami istri berinisial M.  Memiliki dua orang anak perempuan. Yang pertama sudah kuliah, dan yang kedua masih SMP. Rumahnya berlantai dua, bergaya klasik dan mungkin harga rumahnya sekian M.

Pada suatu malam, tepatnya malam Minggu sibapak itu kumpul bersama lima orang temannya. Kumpul di teras rumah yang tentu saja suara keras obrolan mereka terdengar di telinga.  Jam sudah menunjukkan angka setengah sebelas malam. Kemudian mereka nyanyi nyanyi sambil main gitar. Anak saya yang berumur satu setengah tahun terbangun dari tidurnya.  Ingin rasanya saya ambil batu dan lempar pagar rumahnya.  Tapi untungnya niat tersebut tidak jadi, saya masih bisa bersabar. Saya tidak tinggal di komplek perumahan yang kapanpun bisa komplain ke pak satpam atau pengelola. Mau komplain ke pak RT kayaknya beliau sudah tidur.

Saya kesal tapi segera menggendong Farzan biar dia bisa tidur lagi. Andaikan saja sibapak itu yang punya anak kecil, pasti dia juga akan komplain seperti saya.

Tadi saya cerita mengenai tetangga depan rumah. Dan sekarang saya ingin cerita mengenai tetangga tiga rumah dari rumah saya.  Suami istri yang masih muda dan memiliki satu orang anak lelaki kelas enam SD. Si suami berkaca mata dan sosok yang sabar menurut saya.  Dan si istri cantik tapi kalo lagi marah tingkahnya mirip Meriam Bellina kalo lagi berperan sebagai tokoh jahat. Suaranya tujuh oktaf ketika ngomelin anaknya, dan itu mengganggu telinga saya. Bukankah anak yang sering dibentak bentak jadi tidak percaya diri? saya kasihan sama anaknya tapi tidak ingin ikut campur urusan orang lain. Sudah ya guys ada yang harus saya kerjakan.

Thanks Dika (Liebster Award)

Pagi ini sehabis makan sahur dapet pemberitahuan dariDika. Mengenai Liebster Award. Awalnya dari Ical, trus ke Arin trus ke Dika. Begitulah alurnya. Pokoknya mereka orang orang hebat di dunia WordPress menurut saya.

Langsung saja 11 fakta tentang saya :

1.saya lahir di pagi hari sekitar jam tujuh pagi di bulan Juni.

2 saya anak bungsu dari empat bersaudara.

3 saya introvert.

4.saya lebih suka nonton bioskop sendirian daripada bareng temen atau suami (aneh). Padahal orang lain nonton bioskop sukanya ada yang nemenin. Itulah saya kadang aneh.

5.nama lengkap saya cuma ada tujuh huruf, silahkan tebak.

6.Bubur?saya lebih suka makan bubur ayam tidak diaduk. Kalau kalian pilih mana? diaduk atau tidak? Dan saya punya langganan tukang bubur favorit, namanya si abang kurus dari Pekalongan.

7. Teman sekelas saya waktu SMP namanya Poni Rahayu, saya teramat sangat ingin bertemu dengannya, tapi dia menghilang tanpa jejak.

8.Blog ini blog kedua buat saya, tapi teramat sangat berkesan di dalam hati.

9.Yang bikin saya ga bisa tidur adalah kalo anak saya yang kedua tidur siangnya terlalu lama. Kalo dia tidur siangnya terlalu lama berarti malamnya saya begadang.

10.Saya suka nonton sepak bola di teve terutama klub Manchester United. Semoga saja suatu saat saya bisa ke Old Trafford(amin).

11.Saya suka warna hijau, jangan tanya kenapa pokoknya suka aja.

InShot_20200510_045815465

tiga tulisan yang pernah saya buat :

Untuk Seseorang Yang Pernah Melahirkanku

225 Januari

3Sembako

11 pertanyaan dari Dika :

1  Tempat apa yang tidak akan terlupakan sampai sepuluh tahun ke depan? tentu saja rumah sakit Jati Sampurna dan rumah sakit Kesdam karena disitu saya melahirkan Jasmine dan Farzan.

2  Apa lagu terbaik menurut saya? Selepas Kau Pergi (Laluna), maaf lagu jadul. Lagu ketika saya patah hati, dan saya menyesal pernah patah hati dengan orang yang salah, wkwkwk. Kadang kebodohan masalalu perlu ditertawakan.

3  Apa film paling berkesan menurut saya? AADC yang pertama karena saya harus antre dua jam untuk film Indonesia yang sedang booming.

4  Apa yang harus dirubah dari dunia ini? pertanyaan ini bikin kening saya berkerut. Pokoknya saya ingin di dunia ini tidak ada lagi virus Corona atau virus virus lain yang menyusahkan manusia.

5 Bahasa apa yang ingin dikuasai selain English? Jepang? mungkin karena terpengaruh Narumi di  film Ordinary People.

6 Reklame pengen gambar apa? pengen gambar atau foto saya beserta Farzan dan Jasmine.

7  Bila saya dikasih makanan yang tidak saya suka apa yang akan saya lakukan? terus terang. Maaf saya orangnya tidak suka basa basi.

8 Apa definisi bahagia? bahagia adalah jika kita bisa membahagiakan orang lain.

9 Saya lebih suka yang mana? ramai atau sepi? saya pilih sepi.

10  Olahraga apa yang saya suka? nggak ada. Saya cuma suka nonton sepak bola tapi ga pernah main bola.

11  Jika saya lagi gabut apa yang saya  lakukan? bengong sambil menghayal dapat undian 2M,wkwkwk.

11 Blogger yang saya nominasikan untuk ikut Liebster Award, semoga mereka berkenan. Antara lain :

1  Ikha

2  Bijo(Dreams Take Anywhere)

3  Mba Noni

4  Nduttyke

5  Mba Dewi

6  Mba Puji

7  Ci Inly

Teteh Rahma

Vera

10  Sinyonyanyablak

11  Dini Muktiani

11 pertanyaan yang akan saya ajukan untuk nama nama di  atas, pertanyaannya adalah :

1  Siapa nama lengkap kamu dan apa artinya?

2  Siapa artis paling ganteng menurut kamu?

3 Apakah kamu suka pelajaran matematika? jika suka apa alasannya dan jika tidak suka sebutkan juga alasannya?

4  Apa warna favorit dan sebutkan alasannya?

5  Jika sedang patah hati apa yang kamu lakukan?

6  Kira kira Presiden RI ke 8 siapa?

7  Kira kira kapan virus Corona berlalu  dan sebutkan analisamu?

8  Jika kamu bertemu Ferdian Paleka apa yang akan kamu lakukan?

9  Jika kamu dapat undian 2M duitnya buat apa?

10  Negara mana yang ingin dikunjungi?

11  Buku apa yang ingin dibaca dan sebutkan alasannya?

Semoga mereka mau menjawab pertanyaan pertanyaan dari saya. Dan semoga mereka mau menominasikan sebelas Blogger lainnya.  Sekian dulu ya, dan jangan lupa untuk tulis sebelas fakta tentang kalian. Dan tiga tulisan rekomendasi.