KKN Desa Penari

Nonton film ini setelah tembus dua juta penonton. Cerita berawal ketika enam orang mahasiswa mendapatkan tugas KKN di sebuah desa. Mereka adalah Nur(Tissa Biani),Widya(Adinda Thomas),Ayu(Aghni Haque),Wahyu(Fajar Nugraha),Anton(Calvin Jeremy).

Sejak awal kedatangan didesa itu,firasat Nur sudah tidak enak. Punggung bagian atas terasa berat,konon katanya itu karena sosok pendamping Nur sedang berperang dengan makhluk halus ditempat itu. Sosok pendamping Nur adalah leluhurnya. Berwujud nenek bungkuk bermata seram,beliau ikut kemanapun Nur pergi tujuannya untuk melindungi Nur.

Hari pertama mereka didesa itu,Pak Prabu(kepala desa)sudah mewanti wanti bahwa mereka harus jaga sikap dan jangan sampai melewati sebuah tugu. Tugu itulah perbatasan antara desa dan hutan. Jalan menuju ke Tapak Tilas(daerah terlarang). Sejak awal Widya sudah diincar untuk menjadi seorang Dawuh(penari). Siapa yang mengincarnya?Badarawuhi. Badarawuhi adalah makhluk halus penguasa daerah itu. Wujudnya seorang penari yang cantik,tapi kadang wujudnya bisa berubah menjadi ular.

Cinta memang aneh,Ayu suka Bima,tapi Bima suka Widya. Dan Widya selalu cuek terhadap Bima.Demi mendapatkan cinta Widya,Bima bersekutu dengan Badarawuhi. Salah satu syaratnya,Bima harus mau berhubungan intim dengan Badarawuhi. Padahal,pada saat berhubungan intim Badarawuhi sosoknya berubah menjadi ular.

Pada suatu malam,Widya dan Bima menghilang. Dan Ayu matanya melotot,tubuhnya kaku seperti orang kesurupan. Menurut mbah buyut(dukun),jiwa mereka bertiga sedang ditahan oleh Badarawuhi. Mbah buyut minta izin ke Pak Prabu untuk melakukan ritual. Selesai ritual,sosok mbah buyut berubah menjadi anjing hitam. Anjing hitam itu berlari secepat kilat menuju kedalam hutan.

Setelah negosiasi dengan Badarawuhi,hanya Widya yang bisa diselamatkan. Kenapa Bima dan Ayu tidak bisa diselamatkan?karena mereka sudah berbuat kesalahan fatal,berzina didesa itu.

Akting Adinda Thomas difilm ini keren banget. Apalagi ketika dia kesurupan dan bilang,”Nur kalau saja tidak ada sosok dibelakangmu,kau sudah kubuat celaka.” Trus ada adegan Adinda Thomas dililit ular,jijik ngeliatnya tapi kagum karena dia bermain sangat total. Pada akhirnya,Bima meninggal empat hari setelah KKN selesai. Dan Ayu meninggal tiga bulan setelah KKN selesai. Sudah,sampai disini saja spoilernya.

Backstage

Mengawali tahun 2022 dengan film Backstage. Michael Nara(Ahmad Megantara)pernah bilang gini ke Elsa”dunia ini penuh kepalsuan.” Yup betul,film ini berkisah tentang kepalsuan dan kebohongan di dunia entertaintment. Tokoh utamanya ada tiga. Vanesa Priscillia(Elsa),Sissy Priscillia(Sandra),Michael Nara alias Mike diperankan Ahmad Megantara.

Yang sempat jadi pertanyaan saya,kenapa Elsa namanya Elsa Anindita?kok mirip di sinetron Ikatan Cinta?kesannya nyontek. Elsa dan Sandra dikisahkan tinggal di gang sempit bersama ibu mereka yang seorang janda. Ibunya hanya penjual somay. Elsa dan Sandra kerja di kafe. Tapi karena kafenya bangkrut mereka pengangguran. Dimulailah perjuangan Elsa ikut beberapa casting dan audisi. Sampai akhirnya Elsa lolos audisi menyanyi tapi pakai suara Sandra.

Produser yang bernama Bayu membuat kontrak kerja yang mengharuskan Elsa menyelesaikan tiga album. Semuanya pakai suara Sandra. Padahal fans dan media tahunya itu suara Elsa. Hidup mereka bertiga berubah 180derajat. Dari gang sempit pindah ke cluster rumah mewah. Dan di depan rumahnya terparkir mobil Mini Cooper,Alpard dan Pajero.

Sampai akhirnya Sandra lelah,dan semakin hari Elsa bertambah sombong. Pada akhirnya Elsa dan Mike berpacaran. Mike bilang sudah tahu dari awal kalo Elsa ga bisa nyanyi. “Trus kenapa kamu diam saja melihat kebohonganku selama ini?”tanya Elsa kesal. “Karena aku pengen duet sama aku. Berharap popularitasku yang sudah turun bisa naik lagi.” “Mike,kamu sudah menyakiti orang yang sayang sama kamu.” Elsa berlari meninggalkan Mike sambil menangis.

Hidup dalam kebohongan membuat batin Elsa tersiksa. Di sebuah panggung megah,Elsa sangat cantik bergaun ungu. Sebelum memulai konsernya,Elsa menyapa penonton. Elsa berterusterang bahwa selama ini dia menggunakan suara kakaknya Sandra Anandara. Pada akhirnya mereka berdua menyanyi bareng di sebuah panggung megah. Dan berhasil mengungkap kebohongan sistematis di dunia entertainment.

Yuni

Mohon maaf,kalo misalkan saya tulis disini film Yuni mengisahkan tentang LGBT,adakah yang marah?semoga tidak. Karena sudut pandang tiap orang berbeda. Langsung saja adegan diskip ketika ibu wakil Bupati memberikan penyuluhan bahwa di sekolah Yuni akan diadakan tes keperawanan. Mimik muka Yuni bingung,tes keperawanan itu seperti apa?. Persis beberapa tahun yang lalu ketika saya pakai seragam putih abu abu Saya sempat bingung,ketika waktu itu di sekolah ada penyuluhan tentang narkoba dan HIV AIDS. Mimik muka saya bingung,ketika salah satu pembicara bertanya”kalian tahu ga ciuman yang disedot itu seperti apa?”. Oke skip.

Film Yuni disutradarai oleh Kamila Andini dan pemeran utamanya Arawinda Kirana. Yuni sangat menyukai warna ungu. Ini mengingatkan saya dengan teman bernama Gerwyn,dia sangat suka warna ungu. Balik ke Yuni,motornya warna ungu,helmnya warna ungu,tasnya warna ungu dan lain lain.

Ada teman sekolah Yuni bernama Yoga(Kevin Ardilova). Yoga jatuh cinta ke Yuni,tapi tidak berani mengungkapkan. Kevin Ardilova mengingatkan saya pada kondekturnya Ajo Kawir(beda film). Menjelang kelulusan Yuni dilamar tiga pria. Pertama,bernama Iman seorang mandor pabrik. Yuni menolaknya. Yang kedua,pria beristri dengan menyodorkan uang 25juta. Tentu saja Yuni menolak,dia tidak ingin dimadu. Yang ketiga,Pak Damar(guru) yang ternyata beliau seorang gay.

Pada akhir adegan,Yuni memakai baju pengantin dan Pak Damar juga memakai baju pengantin. Tapi ijab kabul tidak pernah ada. Saya salut pada Marissa Anita di film ini,cantik banget pakai jilbab lebar walaupun beliau seorang Nasrani. Marissa Anita berperan sebagai Ibu Lis. Ibu Lis sangat menginginkan Yuni dapet beasiswa lalu kuliah. Tapi keinginan Ibu Lis tidak terwujud.

Di film ini saya suka lagu Mimpi milik Anggun C.Sasmi “dalam hitam gelap malam……kuberdiri melawan sepi……disini dipantai ini….telah terkubur sejuta kenangan…….”

Si Yuni jago main gitar dan nyanyi. Trus ada adegan Yuni cs nyanyi bareng sambil ditemani api unggun. Mungkin geng mereka bisa dibilang”perempuan perempuan yang terluka”.

Spiderman(No Way Home)

Langsung saja saya spoiler bahwa di film ini ada tiga spiderman. Spiderman ala Tobey Maguire,spiderman ala Andrew Garfield dan spiderman ala Tom Holland. Cerita berawal ketika Peter Parker kesal pacarnya MJ,dan sahabatnya Ned Leeds tidak lulus tes masuk MIT University karena mereka berteman dengan spiderman. Saat itu spiderman mendapat julukan “public enemy.”

Lalu spiderman minta tolong Doktor Strange untuk merapalkan sebuah mantra. Mantra yang membuat semua orang lupa siapa spiderman dan apa yang dilakukannya. Semua orang boleh lupa kecuali MJ,Ned Leeds dan bibi May.

Efek samping dari mantra itu mendatangkan penjahat penjahat dari masalalu. Penjahat yang sudah mati hidup lagi. Ada Doktor Octavius(manusia gurita),Flint(manusia pasir),Max(manusia listrik),Doktor Norman Osborne dan kadal jadi jadian yang mirip dinosaurus.

Spiderman ingin memberikan kesempatan kedua,supaya mereka berubah baik. Tapi gagal,malahan ketika berkelahi dengan Osborne,bibi May menjadi korban. Bibi May meninggal di pangkuan spiderman.

Benar apakata Doktor Strange,manusia manusia jahat itu tidak layak diberikan kesempatan kedua. Spiderman menyesal tapi dia harus tetap melawan penjahat penjahat itu. Spiderman sudah terlanjur memegang sebuah kotak. Kotak milik Doktor Strange,sebuah kotak yang bisa mengembalikan penjahat penjahat itu ke dimensi lain. Spiderman mencurinya dari Doktor Strange.

Menjelang akhir film,akhirnya Doktor Strange mau menbantu spiderman untuk melawan penjahat penjahat itu. Berhasil atau tidak?tonton aja yaaaa…….

Seperti Dendam,Rindu Harus Dibayar Tuntas

Adegan dimulai ketika Ajo Kawir(Martino Lio) ngetrek dengan motor bebek butut tahun 1989. Ajo dari sebelah kiri dan lawannya sebelah kanan. Seolah olah mereka akan adu banteng. Ditengah tengah arena,mereka berebut botol berisi uang. Jelas Ajo Kawir yang menang,jagoan kampung Bojongsoang. Film ini banyak adegan dewasa.

Inti film ini adalah Ajo Kawir impoten. Apa penyebabnya?karena waktu kecil dia menyaksikan adegan pemerkosaan di sebuah rumah kosong. Sipelaku tak ingin ada saksi,akhirnya Ajo Kawir kecil disiksa dan dipaksa berhubungan intim dengan orang gila. Ajo Kawir kecil disiksa oleh dua orang. Satunya bernama Codet(Lukman Sardi)dan saya lupa satu lagi siapa pemerannya?

Ajo Kawir ingin balas dendam,tapi tidak bisa karena dipenjara. Iteung(Ladya Cheril)yang membalaskan dendam itu. Iteung istrinya Ajo Kawir. Sejak awal Iteung tahu Ajo Kawir impoten,tapi dia tetep kekeh ingin menikah dengan Ajo Kawir. Alasannya karena cinta,entahlah ini masuk logika atau tidak.

Pada akhirnya Iteung berkhianat,ia selingkuh dengan Budi(Reza. Rahadian). Hasil selingkuh yang mengakibatkan lahirnya seorang bayi perempuan. Pada akhirnya bayi itu dititipkan ke seseorang,Iteung tidak ingin merawatnya.

Kenapa Iteung tidak ingin merawatnya?karena Iteung ingin membalaskan dendam Ajo Kawir. Berhasilkah balas dendam itu?tonton saja yahhh. Adegan terakhir,Ajo Kawir dan Iteung berciuman di depan rumahnya,lalu Iteung dijemput polisi.

Baju Batman

Jadi ceritanya bocah yang satu ini udah satu minggu pengen pake baju Batman. Alhasil, bapaknya cari di Tokopedia dan ketemu dengan harga 67.500 Setelah dua hari paket yang diinginkan sampai di rumah. Segera dibuka Farzan dan dipakai lalu difoto. Foto dengan mata tidak terlihat, hehehe.

Batman adalah tokoh fiksi pahlawan super yang diciptakan oleh Seniman Bob Kane dan penulis Bill Finger dan diterbitkan oleh DC Comics. Tokoh ini pertama kali muncul di Detective comics tanggal 27 Mei 1939.Identitas asli Batman adalah Bruce Wayne seorang pengusaha yang kaya raya. Nama Bruce Wayne itu sendiri diambil dari nama tokoh sejarah yaitu Robert the Bruce dan Antony Wayne. Batman tinggal di kota Gotham City, kota fiksi yang tidak ada di google map, hehehe.

Cerita Bruce Wayne sebagai seorang Batman lalu ddiadaptasi ke layar lebar pada tahun 1989. Pada waktu itu, sutradara terkenal bernama Tim Burton mempercayakan aktor Michael Keaton untuk memerankan sosok superhero tersebut.

Hua Mulan

Promo film Mulan sudah ada di beberapa stasiun televisi di Indonesia. Baru akan tayang tanggal 4 Desember 2020. Bisa ditonton di channel Hot Disney. Pemeran Mulan bernama Liu Yifei berusia 33tahun.

Cerita dimulai dengan adegan gadis kecil berusia sebelas tahun sedang lari mengejar ayam berwarna coklat. Ketika ayam terbang ke atap rumah, Mulan berhasil menyusulnya sampai ke atap rumah. Semua tetangganya takjub melihat gadis kecil dan ayam berkejaran di atap rumah. Karena adegan tersebut Mulan hampir jatuh.

Mulan memiliki adik perempuan bernama Xiu. Dan Xiu sangat takut dengan laba laba. Setiap malam ketika Mulan menyisir rambut adiknya,dia selalu bilang “ada laba laba di rambutmu sedang berjalan. Kalau mulutmu selalu bertanya dan tidak bisa diam maka laba laba bisa membunuhmu.”

Suatu hari ada utusan dari kerajaan yang mengabarkan sebentar lagi negara akan berperang. Dan setiap keluarga wajib menyumbang satu orang untuk wajib militer. Dan tentu saja wajib militer hanya untuk laki laki. Ayah Mulan sudah tua,tapi terpaksa ikut wajib militer karena tidak memiliki anak laki laki. Dengan terpaksa ayah Mulan menerima surat tugas dari istana untuk berperang. Mulan ingin sekali menggantikan tugas ayahnya,tapi dilarang.

Suatu malam yang dingin,Mulan mencuri surat tugas ayahnya, mencuri pedang ayahnya dan mencuri baju prajurit milik ayahnya. Mulan menyamar menjadi seorang laki laki demi menolong ayahnya,demi membela kehormatan negara. Dengan kuda kesayangannya Mulan menuju istana mendaftarkan diri sebagai prajurit mewakili keluarga Hua (nama ayahnya). Disana dia mengaku sebagai Hua Jun. Hari pertama di barak prajurit dia sudah berkelahi dengan Hong Hui Perkelahian tersebut dilerai oleh Komandan Tung Yong (diperankan oleh Donnie Yen).

Hari kedua Mulan harus berlatih fisik menaiki ribuan anak tangga dengan membawa dua ember kayu yang besar. Kedua tangan harus posisi sejajar di bahu. Banyak temannya yang gagal melakukan tugas ini, tapi Mulan berhasil. Tibalah saatnya berperang melawan pasukan Rourans yang dipimpin oleh Bori Khan. Sosok Bori Khan berwajah seram dan memiliki codet di dahinya. Bori Khan selalu berpakaian hitam dan berambut gondrong. Salah satu pengikut Bori Khan ada wanita cantik bergaun silver yang dijuluki Sang Penyihir. Sosok sang penyihir kemampuan kungfunya sangat hebat, namun bisa dilawan oleh Mulan.

Sang Penyihir berpesan kepada Mulan,”jangan pernah berbohong kepada siapapun sebab jika kau berbohong maka kemampuanmu akan berkurang.” Dari situlah Mulan sadar dia harus berterus terang kepada Komandan Tung Yong bahwa dia seorang perempuan. Apapun resikonya. Karena prinsip seorang prajurit adalah kesetiaan, keberanian dan kebenaran. Mulan harus mengungkapkan kebenaran yang sesungguhnya.

Ketika Mulan berterus terang kepada Komandan Tung Yong,dia segera diusir dari pasukan dan tidak boleh berperang lagi. “Kau sudah membuatku malu.”begitulah yang diucapkan Komandan Tung Yong. Tapi Mulan dibela oleh Hong Hui dengan mengatakan “Komandan jika kau percaya kepada Hua Jun kenapa kau tidak percaya kepada Hua Mulan?” Dan akhirnya seluruh pasukan mendukung Mulan.

Ketika bertempur Mulan selalu diselamatkan oleh burung Phoenix. Dan ayahnya pernah berdoa kepada leluhur “lindungi anakku dimanapun dia berada. Tolong kirim burung Phoenix untuk selalu melindunginya. ” Pasukan Bori Khan berhasil dikalahkan dengan adanya longsor dari gunung es. Setelah itu Mulan langsung menuju istana demi menyelamatkan sang raja. Pertempuran sengit berhasil dimenangkan Mulan. Bori Khan tewas kena panah Mulan tepat di jantungnya.

Endingnya Mulan mendapatkan keistimewaan dari sang raja. Mendapatkan posisi menjadi panglima perang tapi Mulan menolaknya. Tapi Mulan menerima hadiah perang dari raja berupa pedang berlapis emas. Sebenarnya ending dari cerita ini saya menginginkan Mulan menjalin asmara dengan Hong Hui.Karena kisah mereka unik,awal ketemu berantem lalu Hong Hui mengagumi kemampuan Mulan ketika berperang sebagai seorang prajurit.

Lagi Pengen Nyanyi

Lagi lagi soal Dilan,mumpung masih hangat. Please,buat kalian yang ga suka film Dilan,jangan baca postingan ini. Judul lagunya Dulu Kita Masih SMA dan penyanyinya Yunis Novila Ajeng.Bukan penyanyi terkenal di Indonesia tapi suaranya lumayan bagus.

 

Ngomongin Dilan berarti ngomongin Pidi Baiq. Pidi Baiq adalah seniman multitalenta asal Bandung. Dia adalah penulis novel,dosen,ilustrator,komikus,musisi dan pencipta lagu. Namanya mulai dikenal melalui grup band The Panas Dalam yang didirikan tahun 1995.

 

Bukunya Pidi Baiq antara lain berjudul Milea(suara dari Dilan),Dilan bagian kedua,Drunken Molen,Drunken Monster,Drunken Marmut,Drunken Mama,Al Asbun,Hanya Salju dan Pisau Batu dan lain lain. Kebetulan beliau lulusan ITB yang lumayan sukses bikin novel best seller.

 

Lagu Dulu Kita Masih SMA sudah ada di angka 2juta viewer dan diupload sejak 4 bulan yang lalu. Sebenarnya ada beberapa lagu soundtracknya Dilan,cuma kali ini saya hanya ingin membahas satu saja. Liriknya sebagai berikut:

Dulu kita masih remaja

Usia anak SMA

Di sekolah kita berjumpa

Pulang pasti kita berdua

Dan kini kamu ada di mana

Dan kini rindu apa kabarmu

Dan ingin lagi,dan ingin lagi

Jumpa

Dulu kita masih bersama

Asmara anak SMA

Aku suka selalu denganmu

Di atas motor berdua

 

Sampai hari ini tanggal 7 Februari 2018 jumlah penonton film Dilan sudah mencapai angka 4,3juta. Wow,angka yang fantastis. Mungkin bisa mengalahkan jumlah penonton film Pengabdi Setan. Kalau dulu ada Cinta dan Rangga,sekarang ada Dilan dan Milea. Banyak netizen yang berharap Iqbal dan Vanesha jadian beneran. Tapi realnya Vanesha malah pacaran sama Adipati Dolken. Buat yang tidak suka sampe bikin hastag #antikangadi.

 

Lahh ini netizen gimana ya?Vanesha aja mau sama Adipati Dolken,kenapa mereka yang ribut. Begitulah kalau manusia tidak bisa membedakan antara film dan dunia nyata. Hidup tidak seindah kisah film romantis. Jadi daripada ribut bikin tweetwar mending damai aja.

 

Lirik lagu Dulu Kita Masih SMA terasa manis dengan musik yang catchy dan mudah membuat setiap orang yang mendengarnya terngiang. Dulu film AADC sempat ngehits dengan lagu lagu dari Melly Guslaw antara lain berjudul Ada Apa Dengan Cinta,Bimbang,Tentang Seseorang,Kubahagia dan Suara Hati Seorang Kekasih. Kali ini soundtrack film Dilan pencipta lagunya Pidi Baiq. Penulis,sutradara bersama Fajar Bustomi sekaligus pencipta lagu Dulu Kita Masih SMA. Lengkaplah sudah.

 

Ada yang bilang film Dilan datar karena konfliknya kurang menonjol,ada yang bilang film Dilan kurang sempurna karena banyak adegan tidak perlu di dalamnya. Biarkan saja,film yang bagus harus mau menerima kritik dari para penontonnya. Semoga nanti Dilan yang kedua lebih bagus lagi. Bangga film Indonesia bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri. Jadi buat kalian yang selama ini ngefans sama film Hollywood,gapapa jika sekali kali nonton film Indonesia.

Ikut ikutan review AADC2

Ada-Apa-Dengan-Cinta-AADC-2

Dah pernah baca review para bloger kondang tentang AADC2. Contohnya bloger seperti Teppy,Yusran Darmawan,Erlia,Noni Khairani dan lain lain. Kali ini gw pengen ikut ikutan review AADC2. Jujur,gw lebih suka AADC1 dibanding AADC2. Kenapa?? ya karena AADC1 lebih lucu,lebih seger,khas anak SMA. Agak tertipu pas salahsatu adegan di AADC2 si Rangga gendong seorang bayi, kirain itu hasil hubungan antara Cinta dan Rangga. Ternyata itu anaknya Mamet dan Milly.

 

Yang bikin gw seneng di AADC2 karakter seorang Milly tetap dibiarkan OON. Itu yang bikin gw tertawa saat nonton filmnya. Adegan ciuman 2kali, kayaknya si Cinta deh yang berasa lebih hot. Ciuman pertama sehabis begadang dari Putuk Setumbu trus ciuman yang kedua disaat cuaca dingin di kota Newyork.

 

Mungkin beberapa tahun kedepan akan ada sekuel AADC3. Karena sang sutradara Riri Riza ternyata tidak menghadirkan adegan Cinta dan Rangga menikah. Mungkin nanti di AADC3 akan ada adegan seperti itu. Who knows??Yang paling kasihan di AADC2 ngeliat Karmen yang hidupnya lagi jatuh. Perceraian trus terlibat drugs. Trus ada kalimat dari Cinta yang bikin sakit hati seperti ini”gw beda sama elo Men,ga bakal terpuruk gara gara laki laki yang elo cinta kabur sama cewek lain. Gw pasti lebih kuat darilo.” Trus adegan setelah itu Karmen kabur. Dan Cinta merasa sangat bersalah. Inti dari film ini adalah jangan ketemu mantan terlalu lama,cukup sejam atau 2jam saja. Kalo kelamaan ya akibatnya kayak si Cinta ini,ga bisa move on dari Rangga. Eh,malah nyusul ke Newyork.Cinta janji sama temen temennya ketemu Rangga cuma sebentar,eh malah begadang sampe pagi trus pake acara ciuman segala. Hadehhhhhh……