Backstage

Mengawali tahun 2022 dengan film Backstage. Michael Nara(Ahmad Megantara)pernah bilang gini ke Elsa”dunia ini penuh kepalsuan.” Yup betul,film ini berkisah tentang kepalsuan dan kebohongan di dunia entertaintment. Tokoh utamanya ada tiga. Vanesa Priscillia(Elsa),Sissy Priscillia(Sandra),Michael Nara alias Mike diperankan Ahmad Megantara.

Yang sempat jadi pertanyaan saya,kenapa Elsa namanya Elsa Anindita?kok mirip di sinetron Ikatan Cinta?kesannya nyontek. Elsa dan Sandra dikisahkan tinggal di gang sempit bersama ibu mereka yang seorang janda. Ibunya hanya penjual somay. Elsa dan Sandra kerja di kafe. Tapi karena kafenya bangkrut mereka pengangguran. Dimulailah perjuangan Elsa ikut beberapa casting dan audisi. Sampai akhirnya Elsa lolos audisi menyanyi tapi pakai suara Sandra.

Produser yang bernama Bayu membuat kontrak kerja yang mengharuskan Elsa menyelesaikan tiga album. Semuanya pakai suara Sandra. Padahal fans dan media tahunya itu suara Elsa. Hidup mereka bertiga berubah 180derajat. Dari gang sempit pindah ke cluster rumah mewah. Dan di depan rumahnya terparkir mobil Mini Cooper,Alpard dan Pajero.

Sampai akhirnya Sandra lelah,dan semakin hari Elsa bertambah sombong. Pada akhirnya Elsa dan Mike berpacaran. Mike bilang sudah tahu dari awal kalo Elsa ga bisa nyanyi. “Trus kenapa kamu diam saja melihat kebohonganku selama ini?”tanya Elsa kesal. “Karena aku pengen duet sama aku. Berharap popularitasku yang sudah turun bisa naik lagi.” “Mike,kamu sudah menyakiti orang yang sayang sama kamu.” Elsa berlari meninggalkan Mike sambil menangis.

Hidup dalam kebohongan membuat batin Elsa tersiksa. Di sebuah panggung megah,Elsa sangat cantik bergaun ungu. Sebelum memulai konsernya,Elsa menyapa penonton. Elsa berterusterang bahwa selama ini dia menggunakan suara kakaknya Sandra Anandara. Pada akhirnya mereka berdua menyanyi bareng di sebuah panggung megah. Dan berhasil mengungkap kebohongan sistematis di dunia entertainment.

Yuni

Mohon maaf,kalo misalkan saya tulis disini film Yuni mengisahkan tentang LGBT,adakah yang marah?semoga tidak. Karena sudut pandang tiap orang berbeda. Langsung saja adegan diskip ketika ibu wakil Bupati memberikan penyuluhan bahwa di sekolah Yuni akan diadakan tes keperawanan. Mimik muka Yuni bingung,tes keperawanan itu seperti apa?. Persis beberapa tahun yang lalu ketika saya pakai seragam putih abu abu Saya sempat bingung,ketika waktu itu di sekolah ada penyuluhan tentang narkoba dan HIV AIDS. Mimik muka saya bingung,ketika salah satu pembicara bertanya”kalian tahu ga ciuman yang disedot itu seperti apa?”. Oke skip.

Film Yuni disutradarai oleh Kamila Andini dan pemeran utamanya Arawinda Kirana. Yuni sangat menyukai warna ungu. Ini mengingatkan saya dengan teman bernama Gerwyn,dia sangat suka warna ungu. Balik ke Yuni,motornya warna ungu,helmnya warna ungu,tasnya warna ungu dan lain lain.

Ada teman sekolah Yuni bernama Yoga(Kevin Ardilova). Yoga jatuh cinta ke Yuni,tapi tidak berani mengungkapkan. Kevin Ardilova mengingatkan saya pada kondekturnya Ajo Kawir(beda film). Menjelang kelulusan Yuni dilamar tiga pria. Pertama,bernama Iman seorang mandor pabrik. Yuni menolaknya. Yang kedua,pria beristri dengan menyodorkan uang 25juta. Tentu saja Yuni menolak,dia tidak ingin dimadu. Yang ketiga,Pak Damar(guru) yang ternyata beliau seorang gay.

Pada akhir adegan,Yuni memakai baju pengantin dan Pak Damar juga memakai baju pengantin. Tapi ijab kabul tidak pernah ada. Saya salut pada Marissa Anita di film ini,cantik banget pakai jilbab lebar walaupun beliau seorang Nasrani. Marissa Anita berperan sebagai Ibu Lis. Ibu Lis sangat menginginkan Yuni dapet beasiswa lalu kuliah. Tapi keinginan Ibu Lis tidak terwujud.

Di film ini saya suka lagu Mimpi milik Anggun C.Sasmi “dalam hitam gelap malam……kuberdiri melawan sepi……disini dipantai ini….telah terkubur sejuta kenangan…….”

Si Yuni jago main gitar dan nyanyi. Trus ada adegan Yuni cs nyanyi bareng sambil ditemani api unggun. Mungkin geng mereka bisa dibilang”perempuan perempuan yang terluka”.

Spiderman(No Way Home)

Langsung saja saya spoiler bahwa di film ini ada tiga spiderman. Spiderman ala Tobey Maguire,spiderman ala Andrew Garfield dan spiderman ala Tom Holland. Cerita berawal ketika Peter Parker kesal pacarnya MJ,dan sahabatnya Ned Leeds tidak lulus tes masuk MIT University karena mereka berteman dengan spiderman. Saat itu spiderman mendapat julukan “public enemy.”

Lalu spiderman minta tolong Doktor Strange untuk merapalkan sebuah mantra. Mantra yang membuat semua orang lupa siapa spiderman dan apa yang dilakukannya. Semua orang boleh lupa kecuali MJ,Ned Leeds dan bibi May.

Efek samping dari mantra itu mendatangkan penjahat penjahat dari masalalu. Penjahat yang sudah mati hidup lagi. Ada Doktor Octavius(manusia gurita),Flint(manusia pasir),Max(manusia listrik),Doktor Norman Osborne dan kadal jadi jadian yang mirip dinosaurus.

Spiderman ingin memberikan kesempatan kedua,supaya mereka berubah baik. Tapi gagal,malahan ketika berkelahi dengan Osborne,bibi May menjadi korban. Bibi May meninggal di pangkuan spiderman.

Benar apakata Doktor Strange,manusia manusia jahat itu tidak layak diberikan kesempatan kedua. Spiderman menyesal tapi dia harus tetap melawan penjahat penjahat itu. Spiderman sudah terlanjur memegang sebuah kotak. Kotak milik Doktor Strange,sebuah kotak yang bisa mengembalikan penjahat penjahat itu ke dimensi lain. Spiderman mencurinya dari Doktor Strange.

Menjelang akhir film,akhirnya Doktor Strange mau menbantu spiderman untuk melawan penjahat penjahat itu. Berhasil atau tidak?tonton aja yaaaa…….

Geni Jora

Buku ini berkisah tentang gadis yang bernama Kejora dan biasa dipanggil Jora. Penulisnya Abidah Elkhalieqy,pemenang lomba novel DKJ tahun 2003. Setting tempatnya di Jawa Timur,Maroko,Yordania dan Damaskus(Suriah).

Jora lahir dari ayah keturunan Pakistan dan ibu asli Indonesia tepatnya Jawa Timur. SD Kejora dihabiskan di sekolah umum. SMP sampai SMA dihabiskan di sebuah pesantren modern di Jawa Timur. Bagaimana dia menceritakan teman teman sekamarnya sholat sambil lirik kiri kanan. Senggol kiri kanan bahkan kadang sambil tertawa ngikik.Bahkan aroma kentut bau sudah menyebar kemana mana tetap tak ada yang mau ngaku.

Di pesantren Jora memiliki teman akrab bernama Elya Huraibi. Suatu ketika menjelang hari kelulusan,Elya akan dijodohkan dengan anak pemilik pesantren yang bernama Zaky Hedouri. Tapi Elya tidak berminat,dia malah menyuruh Jora untuk menjadi calon istri Zaky.

Selepas lulus pesantren,Jora sempat setahun kuliah di Yogjakarta. Tapi karena mendapat beasiswa untuk kuliah di Maroko,akhirnya kuliah di Yogjakarta tidak selesai.

Suatu ketika,Jora mendapat undangan menghadiri seminar di Universitas Alqarawiyyin. Dan Zaky menjadi pembicara di acara seminar itu.Zaky lebih dulu kuliah di Maroko dibanding Jora. Selepas acara seminar itu,mereka berdua jalan jalan ke Ville Novelle. Nama lain Ville Novelle adalah New Town. Sebuah kota bernuansa Perancis moderen,yang memiliki jalan jalan lebar yang terbentang bagaikan bintang berserakan.

Dilain waktu mereka berdua pernah mengunjungi goa Ashabul Kahfi di Yordania.Goa yang sangat terkenal,karena tercatat di Al Qur’an surat ke 18. Kisah tentang tujuh pemuda yang bersembunyi selama 309tahun di dalam goa. Goa ashabul kahfi tepatnya berada di Abu Alanda,sebelah timur kota Amman(Yordania).

Menurut literatur,situs bersejarah ini dikenal dengan nama Ar Raqim,bermakna batu bersurat. Masuk di lokasi ini,tidak ditarik bayaran. Khusus untuk kaum hawa,penjaga situs memberikan baju gamis panjang yang menutupi seluruh badan.

Singkat cerita,Jora dikhitbah oleh Zaky ketika mereka berdua sedang liburan ke Indonesia(pulang kampung). Alasannya sepele,Zaky cemburu dengan Asav teman kuliah Jora. Zaky tidak ingin Jora dimiliki oleh siapapun,ia ingin cepat cepat menikah dengan Jora. Sosok Asav adalah pemuda Yahudi muslim yang sering menjadi tempat curhat Jora. Tapi karena Zaky sudah terlanjur mengkhitbah Jora,akhirnya Asav mundur perlahan.

Ketika acara khitbah di Jawa Timur,Zaky berkenalan dengan Lola(kakak kandung Jora). Lola jauh lebih cantik dibanding Jora,karena itulah Jora sangat cemburu. Sampai akhirnya Lola berkata,”kamu dikit dikit marah,dikit dikit cemburu. Kapan dewasanya Dek Jora?” “Tapi aku takut Kak Lola,sifat playboynya Zaky kambuh lagi.”Jora terlihat cemas. “Kalo kamu lihat Kak Lola sering ngobrol dengan Zaky,itu karena akan ada acara seminar di Yogjakarta tempat kakakmu kuliah. Dan Zaky aku undang sebagai pembicaranya.”

Pada akhirnya Zaky dan Jora menikah,walaupun saat itu Jora belum lulus kuliah. Kuliah Jora masih dua tahun lagi,bahkan mungkin enam tahun lagi jika melanjutkan ke jenjang doktoral. Sebenarnya Jora tidak ingin cepat cepat menikah,dia masih ingin bebas merdeka meraih impian. Tapi saat itu,Jora memandangi cincin bermata zamrud di jari manisnya. Cincin pemberian Zaky ketika mereka berdua liburan ke Yogjakarta. Pada akhirnya Jora menyerah pada takdir Tuhan. Karena rencana Tuhan adalah yang terbaik. Barangkali Zaky memang jodohku yang dipilihkan Tuhan(tulisan Jora di buku hariannya sebelum tidur).

Seperti Dendam,Rindu Harus Dibayar Tuntas

Adegan dimulai ketika Ajo Kawir(Martino Lio) ngetrek dengan motor bebek butut tahun 1989. Ajo dari sebelah kiri dan lawannya sebelah kanan. Seolah olah mereka akan adu banteng. Ditengah tengah arena,mereka berebut botol berisi uang. Jelas Ajo Kawir yang menang,jagoan kampung Bojongsoang. Film ini banyak adegan dewasa.

Inti film ini adalah Ajo Kawir impoten. Apa penyebabnya?karena waktu kecil dia menyaksikan adegan pemerkosaan di sebuah rumah kosong. Sipelaku tak ingin ada saksi,akhirnya Ajo Kawir kecil disiksa dan dipaksa berhubungan intim dengan orang gila. Ajo Kawir kecil disiksa oleh dua orang. Satunya bernama Codet(Lukman Sardi)dan saya lupa satu lagi siapa pemerannya?

Ajo Kawir ingin balas dendam,tapi tidak bisa karena dipenjara. Iteung(Ladya Cheril)yang membalaskan dendam itu. Iteung istrinya Ajo Kawir. Sejak awal Iteung tahu Ajo Kawir impoten,tapi dia tetep kekeh ingin menikah dengan Ajo Kawir. Alasannya karena cinta,entahlah ini masuk logika atau tidak.

Pada akhirnya Iteung berkhianat,ia selingkuh dengan Budi(Reza. Rahadian). Hasil selingkuh yang mengakibatkan lahirnya seorang bayi perempuan. Pada akhirnya bayi itu dititipkan ke seseorang,Iteung tidak ingin merawatnya.

Kenapa Iteung tidak ingin merawatnya?karena Iteung ingin membalaskan dendam Ajo Kawir. Berhasilkah balas dendam itu?tonton saja yahhh. Adegan terakhir,Ajo Kawir dan Iteung berciuman di depan rumahnya,lalu Iteung dijemput polisi.

Sagitarius

Tanggal berapa sekarang?3 Desember 2021.Yang lahir di bulan Desember sebagian besar berzodiak Sagitarius. Zodiak sagitarius biasanya orang yang lahir antara tanggal 22 November-21 Desember. Sagitarius memiliki lambang pemanah dan berelemen api. Sagitarius punya kemampuan membuat hal paling membosankan menjadi hal yang paling menyenangkan.

Sisi kepribadian yang hangat membuat orang lain merasa nyaman saat di dekatnya. Sagitarius kadang keras kepala. Keras kepala sekaligus dermawan. Artis yang berzodiak Sagitarius antara lain Dude Herlino,Natasha Wilona,Giorgino Abraham,Sheryl Sheinafia dan yang terakhir dan sedang hits almarhum Vanessa Angel. Kenapa ada artis yang namanya Dude?karena dia lahir tanggal 2 Desember. Jadi Dude singkatan dari Dua Desember.

Salah satu keponakan saya berzodiak Sagitarius,inisialnya M. Umur 13 tahun M menjadi anak yatim karena ayahnya meninggal sakit jantung. Enam tahun kemudian ketika ibunya menikah lagi dia tidak setuju. Pada akhirnya kakak saya yang janda itu tetap menikah. Lalu apa yang terjadi dengan M?dia kabur dari rumah. Dengan berbekal ijazah SMA dia bisa survive hidup di atas kakinya sendiri. Ibunya sempat mencarinya,tapi dia bilang ga mau pulang. Dia bilang doakan saja supaya anakmu jadi orang sukses. Saya tidak terlalu khawatir dengan M. Dibalik sifatnya yang keras kepala dia sangat kuat. Mentalnya berani dan pandai membawa diri. Yang terpenting dia tidak pernah meninggalkan sholat lima waktu.

Cinta Sehidup Semati

Saya pikir cinta sehidup semati cuma ada dalam film atau sinetron. Lahhh ini ada di dunia nyata. Kisah cinta Vanessa Angel dan Febri Ardiyansah. Mereka meninggal berbarengan pada tanggal 4 November 2021 jam 12.34 Kecelakaan maut di ruas tol Jombang tepatnya di KM 672. Sebentar lagi Vanessa akan berulang tahun. Karena dia lahir tgl 21 Desember 1993.Tapi belum sempat merayakan ulang tahun ke 28 Tuhan keburu memanggilnya.

Febri Ardiyansah yang biasa dipanggil Bibi lahir pada tgl 26 Februari 1990. Berusia 31tahun pada saat kecelakaan. Tragisnya tangan kirinya sempat putus pada saat kecelakaan. Semoga mereka berdua ditempatkan di surgaNya Allah SWT, amin. Alfatihah buat mereka berdua.

Kalau saya boleh memilih saya akan berkata seperti ini, “Tuhan jangan panggil kami berbarengan, terserah Kamu mau aku dulu yang pergi atau pak suami. ” Lahhh, kalau dua duanya pergi siapa yang akan menjaga dua anak kami? Kedua orangtua saya sudah meninggal. Ibu mertua sibuk bekerja dan bapak mertua kerja di Kalimantan. Beliau cuma pulang setahun sekali ketika lebaran.

Jadi inget lirik lagunya Stefan Pasaribu seperti ini, “Ternyata belum siap aku kehilangan dirimu, Belum sanggup untuk jauh darimu….Tuhan tolong mampukan aku tuk lupakan dirinya………… “

Baju Batman

Jadi ceritanya bocah yang satu ini udah satu minggu pengen pake baju Batman. Alhasil, bapaknya cari di Tokopedia dan ketemu dengan harga 67.500 Setelah dua hari paket yang diinginkan sampai di rumah. Segera dibuka Farzan dan dipakai lalu difoto. Foto dengan mata tidak terlihat, hehehe.

Batman adalah tokoh fiksi pahlawan super yang diciptakan oleh Seniman Bob Kane dan penulis Bill Finger dan diterbitkan oleh DC Comics. Tokoh ini pertama kali muncul di Detective comics tanggal 27 Mei 1939.Identitas asli Batman adalah Bruce Wayne seorang pengusaha yang kaya raya. Nama Bruce Wayne itu sendiri diambil dari nama tokoh sejarah yaitu Robert the Bruce dan Antony Wayne. Batman tinggal di kota Gotham City, kota fiksi yang tidak ada di google map, hehehe.

Cerita Bruce Wayne sebagai seorang Batman lalu ddiadaptasi ke layar lebar pada tahun 1989. Pada waktu itu, sutradara terkenal bernama Tim Burton mempercayakan aktor Michael Keaton untuk memerankan sosok superhero tersebut.

September

Ada apa di bulan September 2021? Saiful Jamil sudah keluar dari penjara. Dan disambut bak pahlawan. Banyak yang protes karena dianggap melukai hati keluarga korban. Kasus pencabulan yang menempel di Bang Ipul seolah dimaafkan masyarakat karena rating acara Bang Ipul cukup lumayan di salah satu stasiun teve. Begitulah televisi Indonesia, tidak peduli yang ditampilkan malaikat atau iblis yang penting rating tinggi.

Lalu soal kebakaran di Lapas Tangerang? Miris karena yang meninggal 41orang. Mayatnya terbakar seperti ayam panggang. Kejadiannya di blok C sekitar pukul dua pagi. Diduga karena korsleting arus listrik. Mungkin kalau di luar negeri Menkumham sudah dipecat atau mengundurkan diri dengan sukarela. Tapi di Indonesia? Oh, tentu tidak. Over kapasitas sudah menjadi hal biasa di Lapas Indonesia. Lapas Tangerang seharusnya satu kamar diisi dua orang tapi kenyataan yang terjadi diisi delapan belas orang. Alfatihah untuk para korban. Saya tidak peduli yang meninggal penjahat atau bukan. Tugas manusia adalah memanusiakan manusia.

Lalu apa yang terjadi di Afganistan? Taliban sudah membentuk kabinet, terdiri dari 33orang. Dan semuanya laki-laki. Perdana Menteri dijabat oleh Mohammad Hasan Akhund dan wakil Perdana Menteri oleh Abdul Ghani Baradar. Seperti kata Agustinus Wibowo, harga sebuah nyawa di Afganistan sangat murah. Saking banyaknya bom disana membunuh warga sipil. Mungkin seminggu bisa terjadi dua kali serangan bom. Semoga saja Taliban yang sekarang lebih humanis. Menghargai nyawa manusia, menghargai kaum perempuan.

Gres dan Apri

Siang itu saya nonton Indosiar sambil deg degan. Ada final bulutangkis ganda putri Olimpiade Tokyo 2020. Indonesia melawan China. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu melawan Chen Qingchen dan Jia Yifan.Saya percaya Apri yang lahir tanggal 29 April 1998 akan tampil all out demi emas pertamanya. Dan saya juga percaya Greysia Polii yang lahir tanggal 11 Agustus 1987 akan membimbing Apri di lapangan dengan baik. Set pertama berlangsung seru dengan angka 21-19 untuk Indonesia. Set kedua lebih seru lagi dengan angka 21-15. Ketika kok yang dikembalikan Chen Qingchen bergulir ke sebelah kiri Apriyani Rahayu, lalu dia berteriak karena yakin sebentar lagi akan mendapatkan medali emas. Tapi pemain China meminta challenge,itu berarti kemenangan tertunda untuk beberapa menit. Sambil tiduran di lapangan Apri melihat ke layar besar,dan ternyata benar. Pengembalian kok pasangan China dinyatakan keluar.

Tangis itu meledak di salah satu lapangan di kota Tokyo. Tangis Apri,tangis Gres,dan juga tangis Eng Hian sang pelatih. Tangis kebahagiaan di tengah berita dukacita yang amat banyak di Indonesia karena Covid 19. Eng Hian pertama kali memeluk Apri lalu memeluk Gres. Mungkin ada tujuh orang pendukung tim Indonesia saat itu,dua diantaranya membawa bendera Merah Putih. Andai itu di Senayan pasti sudah banyak teriakan teriakan “Indonesia…… Indonesia……. Indonesia……”

Terimakasih Tuhan, terimakasih Apri, terimakasih Gres dan terimakasih Eng Hian sudah memberikan medali emas untuk 270juta rakyat Indonesia.Bonus 5M sudah menanti,dapet franchise gratis bakso Aci,bisa pesan gofood gratis, dapat apartemen, dapat rumah dari Gubernur Sulawesi Utara untuk Gres. Dan Apri juga dapat rumah dari pejabat di Sulawesi Tenggara.

Pertamakali mereka bertemu,Gres tidak bilang”mau ga jadi partner aku?” Pertanyaannya adalah “mau ga jadi juara?” Dan Apri langsung bilang mau. Gres langsung bilang”berarti kamu harus siap dihajar,ditempa menjadi seorang juara. Siap nangis di lapangan, cedera, dan mengorbankan semua yang kamu punya demi menjadi juara.” Sekarang semuanya terbayar lunas dengan mendapatkan emas Olimpiade Tokyo. Benar apa kata Sir Alex Ferguson,”untuk membentuk juara bangun dulu mentalnya menjadi mental juara. Setelah itu baru memikirkan teknik,taktik,gaya bermain dan strategi memenangkan pertandingan.