Mahasiswa

Hari hari esok adalah milik kita…Terciptanya masyarakat sejahtera……..Terciptanya tatanan masyarakat…….

Lirik lagu tersebut muncul beberapa hari ini di timeline media sosial milik saya. Mahasiswa demo sambil menyanyikan lagu tersebut. Demo karena menolak Jokowi tiga periode,menolak penundaan pemilu 2024. Bahkan Ketua BEM UI(Bayu Satria Utomo) mengancam akan mengadakan aksi lebih besar tanggal 11 April 2022.

Tentu saja peristiwa ini mengingatkan saya pada peristiwa Trisakti 1998. Saat itu peristiwanya tanggal 12 Mei 1998. Empat mahasiswa Trisakti tewas didalam kampus,terkena peluru tajam ditempat tempat vital seperti kepala,tenggorokan dan dada. Empat mahasiswa itu adalah Elang Mulia Lesmana,Heri Hertanto,Hafidin Royan,Hendriana Sie. Mereka berempat layak disebut Pahlawan Reformasi.

Saat itu mahasiswa menuntut Presiden Soeharto turun dari jabatannya. Para mahasiswa saat itu berhasil menguasai gedung MPR/DPR. Tokoh reformasi saat itu adalah Amin Rais. Beberapa hari sebelum kejadian,Amin Rais sudah mengingatkan,mahasiswa jangan turun ke jalan karena akan bentrok dengan aparat. Saat itu kondisi di Jakarta sangat mencekam,aparat bertebaran di setiap sudut beserta tank tank lapis baja. Penjarahan dan pembunuhan terhadap etnis tertentu. Teman saya yang bermata sipit sampai harus menginap di rumah Pak RT.

Sejarah bangsa ini mencatat,peralihan dari Soekarno ke Soeharto ada enam jendral yang tewas. Peralihan dari Soeharto ke Habibie,ada empat mahasiswa yang tewas. Peralihan dari Habibie ke Gusdur,Timtim lepas dari Indonesia. Peralihan dari Gusdur ke Megawati,hampir saja ada peristiwa berdarah tapi tidak terjadi. Karena saat itu ribuan pendukung Gusdur sudah berkumpul di depan istana membawa senjata tajam siap berperang dengan orang orang anti Gusdur. Tapi kata Gusdur,”kekuasaan yang dipertahankan dengan pertumpahan darah tidak ada artinya buat saya.” Lalu Gusdur dengan legowo turun dari kursi kekuasaan.

Peralihan dari Megawati ke SBY menciptakan perang dingin sampai sekarang. Perang dingin antara Megawati dan SBY yang tidak saling bertegur sapa. Peralihan dari SBY ke Jokowi,rakyat berharap banyak pada beliau. Tapi apa yang terjadi saat ini?harga minyak goreng mahal,BBM naik dan ada wacana melawan undang undang dengan tiga periode.

4 pemikiran pada “Mahasiswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s