September

Ada apa di bulan September 2021? Saiful Jamil sudah keluar dari penjara. Dan disambut bak pahlawan. Banyak yang protes karena dianggap melukai hati keluarga korban. Kasus pencabulan yang menempel di Bang Ipul seolah dimaafkan masyarakat karena rating acara Bang Ipul cukup lumayan di salah satu stasiun teve. Begitulah televisi Indonesia, tidak peduli yang ditampilkan malaikat atau iblis yang penting rating tinggi.

Lalu soal kebakaran di Lapas Tangerang? Miris karena yang meninggal 41orang. Mayatnya terbakar seperti ayam panggang. Kejadiannya di blok C sekitar pukul dua pagi. Diduga karena korsleting arus listrik. Mungkin kalau di luar negeri Menkumham sudah dipecat atau mengundurkan diri dengan sukarela. Tapi di Indonesia? Oh, tentu tidak. Over kapasitas sudah menjadi hal biasa di Lapas Indonesia. Lapas Tangerang seharusnya satu kamar diisi dua orang tapi kenyataan yang terjadi diisi delapan belas orang. Alfatihah untuk para korban. Saya tidak peduli yang meninggal penjahat atau bukan. Tugas manusia adalah memanusiakan manusia.

Lalu apa yang terjadi di Afganistan? Taliban sudah membentuk kabinet, terdiri dari 33orang. Dan semuanya laki-laki. Perdana Menteri dijabat oleh Mohammad Hasan Akhund dan wakil Perdana Menteri oleh Abdul Ghani Baradar. Seperti kata Agustinus Wibowo, harga sebuah nyawa di Afganistan sangat murah. Saking banyaknya bom disana membunuh warga sipil. Mungkin seminggu bisa terjadi dua kali serangan bom. Semoga saja Taliban yang sekarang lebih humanis. Menghargai nyawa manusia, menghargai kaum perempuan.

2 pemikiran pada “September

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s