Kirana

images

Kirana namanya,umur sebelas tahun pada November nanti. Gadis kecil berkulit coklat,rambut sebahu dan mata bulat seperti Jasmine. Kirana teman sekelas Jasmine. Kirana sering main ke rumah untuk ngerjain pr bareng Jasmine,atau sekedar main game bareng di teras rumah. Siang tadi sekitar jam sebelas datanglah berita dukacita. “Mama ada berita dukacita,mamanya Kirana meninggal.”Jasmine memberitahuku dengan ekspresi sedih. “Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Kenapa?sakit apa?” “Katanya sakit typhus”.

Segera aku buka grup WA untuk mengetahui berita lebih lanjut. Grup WA penuh dengan ungkapan dukacita. Saat ini aku lagi berada di luar kota,tidak sempat takziah ke rumah Kirana. Hanya mengirimkan ungkapan dukacita melalui WA.

Aku seperti flashback ke puluhan tahun silam. Bapak kandungku meninggal di saat usiaku belum genap delapan tahun. Ketika bapak meninggal aku belum terlalu mengerti soal konsep kematian dan kehilangan. Saat itu ibu dan ketiga kakakku menangis tapi aku tidak. Entahlah mungkin saat itu aku berpikir bapak hanya tertidur dan pasti suatu saat akan bangun lagi.

“Selamat tinggal Ibu semoga tenang di sana” Itu status Kirana satu jam yang lalu. Status di WA dan ada foto mamanya ketika terbaring di rumah sakit. Saya sempat meneteskan airmata untuk sesaat,membayangkan puluhan tahun silam ketika saya ada di posisi Kirana. Saat ini ingin rasanya memeluk Kirana dengan kencang lalu bilang”yang sabar ya Nak,masih banyak yang sayang sama kamu.”

Kirana adalah anak pertama di keluarganya,sama seperti Jasmine. Kirana punya satu orang adik laki laki bernama Fatir. Fatir baru berumur lima tahun,belum terlalu mengerti kenapa mamanya pergi begitu cepat. Satu pesan yang penting di grup WA dari gurunya Jasmine,untuk selalu jaga kesehatan dan mendoakan keluarga Kirana.

Cuaca seharian ini panas sekali,tapi ketika sore mendung dan turun hujan. Kenapa ya kematian itu identik dengan turunnya hujan?Atau mungkin air hujan melambangkan air mata yang turun dari keluarga almarhumah.

Kita ga akan pernah tahu kapan kita akan dipanggil oleh Allah SWT,ga harus yang tua yang berangkat duluan. Random,terserah Sang Pencipta. Mamanya Kirana seumuran denganku,sempat berbincang sebentar ketika ada acara bukber di sekolah Jasmine. Hanya alfatihah yang bisa kukirimkan untuk beliau,semoga tenang di sana.

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raajiun.Allaahumma indaka ahtasibu mushiibati fa ajurnii fiiha wa abdilnii minhaa khairan(doa bagi keluarga yang mendapat musibah kematian).

“Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan sesungguhnya kita akan kembali kepadaNya. Ya Allah,dihadapanMu aku memperhitungkan musibahku,maka dari itu berilah aku pahala karena musibahku tadi dan berilah sesuatu yang lebih baik sebagai gantinya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s