Foto Bersama

 

Acara ini inisiatif dari gurunya Jasmine dalam rangka hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November. Ada acara makan makan plus foto bersama. Sebenarnya sayapun lupa kalau tanggal 25 November adalah hari guru. Dapet reminder dari teman teman di grup WA. Akhirnya bagi bagi tugas,ada yang bawa nasi kuning,kue tart,ayam goreng,buah buahan dan lain lain.

 

Selamat yach,buat kalian yang berprofesi sebagai guru. Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju. Walaupun saat ini peringkat pendidikan Indonesia hanya nomor lima di ASEAN dan nomor 108 di dunia.

 

Bahkan provinsi DKI Jakarta membutuhkan guru sebanyak 46.791 orang walaupun realisasinya hanya ada guru 29.736 orang. Sisanya memakai guru honorer. Hal tersebut dikarenakan banyaknya guru di provinsi DKI Jakarta yang pensiun dan harus diganti dengan guru baru.

 

Ngomongin gurunya Jasmine ternyata beliau teman saya sewaktu SD. Sebut saja namanya Bapak S. Jadi pada saat ambil raport,selesai membicarakan nilainya Jasmine akhirnya ngobrolin teman teman dimasa SD. Si Bapak S ini ternyata masih guru honorer. Istrinya guru juga,tapi ngajar di daerah Jakarta Selatan. Untungnya istri beliau sudah menjadi PNS. Jadi tidak perlu harap harap cemas kira kira kapan ya pengangkatan menjadi PNS.

 

Alhamdulillah,guru guru di Jakarta tidak bernasib seperti Umar Bakri(lagunya Iwan Fals). Kayaknya rata rata sudah sejahtera dengan ke sekolah bawa minimal Xenia atau Avanza. Tolong diralat kalau tulisan saya salah. Mengenai guru di daerah mungkin butuh perhatian lebih dari pemerintah,karena terkadang gaji bulanan telat datangnya.

 

Kebetulan di foto tersebut Jasmine foto paling belakang dengan pose memegang balon kuning.Disebelah kiri Jasmine namanya Sofia(bukan nama sebenarnya). Sofia ini mamanya sudah meninggal setahun yang lalu. Dia sering cerita ke Jasmine kalo dia pengen banget nyusul mamanya. Untung teman temannya sering kasih nasehat. Nasehat ala anak kecil. “Ih kamu….ga boleh begitu….ga boleh bilang pengen nyusul Mama. Dosa tau….” kira kira begitulah kalimat yang diucapkan Jasmine ke Sofia.

 

Sofia juga sering cerita mengenai mama tirinya. Mama tiri yang kebetulan hadir dirumah pada saat Sofia belum siap. Sabar ya nak,nanti suatu saat Sofia pasti bisa lebih akrab dengan mama tiri.

 

Disebelah kanan Jasmine namanya Vera,dia rengking satu di kelas. Paling tinggi di kelas sekaligus paling cerewet di kelas(menurut Jasmine). Sering berangkat sekolah bareng Jasmine,dan sering kirim WA ke Jasmine membicarakan tugas kelompok. Biasanya si Bapak S mengadakan mencongak sebelum pulang. Biasanya mengenai perkalian. Dan Jasmine ga pernah pulang cepat kalo mencongak soalnya matematik. Biasanya dia ada ditengah tengah,ga pulang pertama sekaligus ga pulang terakhir. Jasmine ga terlalu suka pelajaran matematik(mirip bapaknya).